Bentuk dan Sifat Daging Hewan  

   Setiap hari kita sebagai mahluk hidup tentu perlu makan dan minum. Namun sedikit dari kita yang mengetahui manfaat dari apa yang kita makan. Bahasan kali ini mengupas sedikit tentang sifat dan karakter dari jenis makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. Bila kita mengetahui sifat dan manfaat dari jenis makanan yang kita makan, maka sedini mungkin kita dapat mempersiapkan kondisi kesehatan pada tubuh kita lewat memilih jenis makanan yang cocok bagi diri kita sendiri.

    Namun mengingat begitu banyaknya jenis makanan, maka yang kita bahas kali ini hanya beberapa jenis makanan yang umum kita konsumsi dan temui sehari-hari.

    Makanan dan lauk-pauk, juga buah-buahan lainnya, termasuk materi yang melahirkan energi positif atau baik. Energi itu mampu menopang kondisi tubuh bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Kami akan coba membahas tentang, alangkah banyaknya kegunaan dan manfaat dari makanan.

DAGING HEWAN


DAGING DOMBA
    Daging yang terbaik adalah daging domba, dan yang lebih baik lagi adalah domba gibas yang baru berumur satu tahun. Karena bila dikonsumsi, ia dapat melenturkan urat-urat dan persendian serta menguatkan anggota badan dan menambah kekuatan. Disamping itu lebih cepat menggemukkan badan.


DAGING KAMBING
    Kambing kampung dagingnya bersifat dingin dan lunak, jika dibandingkan dengan daging domba. Daging kambing kampung lebih baik dimakan pada waktu musim panas.


DAGING SAPI
    Bila dibandingkan dengan daging domba dan kambing, daging sapi sifatnya lebih dingin, kering, berat dan kurang enak. Disamping itu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kolesterol dan penyakit lainnya. Untuk menghindari bahaya yang dapat ditimbulkannya, maka sebaiknya dimasak dengan mencampurkan bawang putih yang agak banyak. Campurkan juga merica dan jahe. Lalu buatlah semacam acar, yaitu beri cuka yang agak panas, agak pedas, serta kuahnya diminum dengan madu, maka akan sangat membantu menghindari efek buruk dari daging sapi.


DAGING BURUNG

    Daging burung memiliki sifat yang lebih ringan daripada daging ternak. Dan yang paling enak adalah daging dari jenis unggas (burung) seperti ayam yang masih berusia muda (kecil). Manfaat yang tidak kalah dengan dagingnya justru terletak pada kakiya (ceker).



IKAN LAUT
    Ikan laut memiliki sifat dingin dan lunak. Adapun yang terbaik adalah yang baru saja diangkat dari laut karena masih segar. Bila dimasak dengan menggunakan minyak samin, dicampur dengan bawang merah, lalu dibuatkan acar yang diberi cuka sebagai penyeimbang yang panas dan pedas, hingga menjadi seimbang rasanya tidak terlalu asin dan tidak terlalu asam, maka akan dapat membantu meningkatkan kekuatan syahwat. Ikan yang diasinkan lebih panas dan kering sifatnya jika dibandingkan dengan ikan basah.

Ket: Foto-foto istimewa (Red)

This entry was posted on Tuesday, December 15, 2009 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments