Bentuk dan Sifat Susu / Makanan dari Susu  

   Setiap hari kita sebagai mahluk hidup tentu perlu makan dan minum. Namun sedikit dari kita yang mengetahui manfaat dari apa yang kita makan. Bahasan kali ini mengupas sedikit tentang sifat dan karakter dari jenis makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. Bila kita mengetahui sifat dan manfaat dari jenis makanan yang kita makan, maka sedini mungkin kita dapat mempersiapkan kondisi kesehatan pada tubuh kita lewat memilih jenis makanan yang cocok bagi diri kita sendiri.

    Namun mengingat begitu banyaknya jenis makanan, maka yang kita bahas kali ini hanya beberapa jenis makanan yang umum kita konsumsi dan temui sehari-hari.

SUSU

    Makanan dan lauk-pauk, juga buah-buahan lainnya, termasuk materi yang melahirkan energi positif atau baik. Energi itu mampu menopang kondisi tubuh bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Kami akan coba membahas tentang, alangkah banyaknya kegunaan dan manfaat dari makanan.
Susu yang baik adalah susu yang berasal dari binatang ternak. Setiap susu memiliki 3 (tiga) unsur penting, yaitu :
  • Zat air yang lunak dan mutlak
  • Zat keju yang dingin dan kering namun mambeku
  • Zat mentega yang panas, lembab sekaligus lunak


SUSU SAPI
Adalah yang terbaik dari jenis susu binatang ternak yang lainnya. Sebagaimana sabda Rosulolloh SAW:
“Minumlah susu sapi, karena susunya merupakan obat dan lemaknya dapat dijadikan samin, sedang dagingnya dapat menimbulkan penyakit” (bagi orang tertentu jika mengkonsumsinya – red).

Susu sapi jika kita minum langsung setalah diperah, kemudian dicampur dengan gula, dapat menyegarkan tubuh dan menghaluskan permukaan kulit, dan juga mampu untuk meningkatkan gairah seksual. Susu sapi memiliki sifat lunak, jika dicampur dengan buah anggur yang telah dikeringkan (kismis) yang itu dapat menjadikan sifat dasarnya menjadi dingin dan lunak serta sedikit berat jika sudah masuk ke dalam lambung. Untuk menolak bahaya yang dapat ditimbulkannya hendaklah diletakkan diatas api (dimasak) hingga zat airnya menjadi hilang.


SUSU DOMBA
Bersifat panas dan lunak (lembab). Demikian pula dengan minyaknya (lemak) dan dagingnya. Susu domba lebih banyak mengandung lemak dan berguna bagi tubuh yang kurus kering agar lebih segar dan gemuk


SUSU KAMBING
Susu kambing atau yang biasa kita sebut kambing kampung bersifat dingin dan ringan apabila diminum langsung setelah diperah. Dapat menyegarkan anggota tubuh, bisa mengeluarkan angin dalam perut yang kembung sekaligus melunakkan perut dan dapat merangsang selera makan.


KEJU
Keju bersifat dingin, kering dan juga mampu untuk menahan rasa mules pada perut, menyembuhkan buang air yang mencret.


MENTEGA
Bersifat panas dan lunak. Bila dicampur dengan gula dan susu sapi kemudian diminum, maka dapat menambah cemerlangnya otak dan penglihatan, menghilangkan penyakit gatal-gatal pada kulit dan meredakan suhu panas badan yang tinggi.


MINYAK SAMIN
Bersifat panas namun lunak, lebih panas dari mentega dan lebih kering. Kalau dikurangi kadarnya dengan cara ditambahkan air, kemudian diletakkan diatas api dengan diaduk-aduk untuk menghilangkan kadar airnya secara keseluruhan, maka akan hilang sifat keringnya dan akan lebih bermanfaat dari mentega. Minyak samin adalah minyak yang dihasilkan dari lemak atau susu sapi, yang telah diolah dan menjadi minyak.

Ket: Foto-foto istimewa (red)

This entry was posted on Monday, December 14, 2009 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments