Bentuk dan Sifat Biji-bijian  

    Setiap hari kita sebagai mahluk hidup tentu perlu makan dan minum. Namun sedikit dari kita yang mengetahui manfaat dari apa yang kita makan. Bahasan kali ini mengupas sedikit tentang sifat dan karakter dari jenis makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. Bila kita mengetahui sifat dan manfaat dari jenis makanan yang kita makan, maka sedini mungkin kita dapat mempersiapkan kondisi kesehatan pada tubuh kita lewat memilih jenis makanan yang cocok bagi diri kita sendiri.

    Namun mengingat begitu banyaknya jenis makanan, maka yang kita bahas kali ini hanya beberapa jenis makanan yang umum kita konsumsi dan temui sehari-hari.

    Makanan dan lauk-pauk, juga buah-buahan lainnya, termasuk materi yang melahirkan energi positif atau baik. Energi itu mampu menopang kondisi tubuh bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Kami akan coba membahas tentang, alangkah banyaknya kegunaan dan manfaat dari makanan.

BIJI-BIJIAN


GANDUM

    Ia bersifat panas, lembab berat dan mampu untuk melunakkan sifat manusia. Jika gandum kita campur dengan gula, maka ia mampu utuk melunakkan dada, melancarkan pernafasan dan menambah sel otak serta mempertajam penglihatan mata kita. Mampu untuk menguatkan lambung, meningkatkan libido, serta memperkuat anggota tubuh yang lemah.
    Gandum mentah bersifat berat dan hampir tidak dapat dicerna. Akan tetapi sesudah dilunakkan dengan dimasak, maka ia akan bersifat seimbang dan baik untuk dikonsumsi.


BERAS
    Adapun beras, ia bersifat dingin, kering, seimbang antara ringan dan lembut. Jika dimasak dengan susu perahan dan daging anak ayam yang masih kecil, lalu dikonsumsi dengan dicampur madu, sedikit gula dan minyak samin, maka ia akan menjadi makanan yang sangat baik dikonsumsi, untuk kesehatan dan stamina. Jika dimasak dengan dicampur susu fermentasi (yoghurt) yang diambil buihnya, maka dapat menahan kelonggaran perut yang sedang kembung.


JAGUNG
    Bersifat dingin, kering dan seimbang, melunakkan dan ringan bagi lambung. Campuran dengan gula bermanfaat untuk orang yang sakit dan mampu untuk menurunkan suhu panas pada tubuh dan radang pada rongga.


JEWAWUT (millet)
    Bersifat panas, kering, berat bagi lambung, lambat dicerna dan meningkatkan unsur penyebab flek hitam pada kulit, utamanya pada kulit wajah. Ia tidak layak dikonsumsi oleh manusia pada umumnya, kecuali oleh para pekerja keras yang amat membutuhkan stamina. Jewawut dapat dimakan dengan campuran susu perahan, gula dan anak ayam yang masih muda, minyak samin, sehingga menjadi sedikit seimbang. Jika dibuat roti dan dimakan secara kering dapat mengakibatkan sembelit atau susah buang air besar.


ADAS
    Bersifat dingin, kering dan berat bagi lambung. Campurannya jika berlebihan dapat menyebabkan sembelit. Kulitnya ringan, jika diminum dengan campuran minyak samin dan gula dapat melunakkan unsur basah yang ada di dada dan syaraf anggota tubuh lainnya.


PETE
    Bersifat panas, lembab dan ringan. Jika dimasak dengan campuran susu dan minyak samin, maka ia akan menjadi panas dan lembab, dapat melegakan dada, melunakkan syaraf, meringankan anggota tubuh dan persendian.


BUNCIS
    Ia memiliki sifat yang dingin, kering, berat dan tidak baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sudah berusia lanjut. Untuk menghindari bahaya yang dapat ditimbulkannya, maka dapat dikonsumsi tanpa kulitnya dan dicampur dengan sedikit gula.


MENTE (garbazo)
    Bersifat panas dan lembab. Jika dimakan dengan campuran gula dapat menghilangkan kelesuan pada tubuh dan meningkatkan libido, serta menjadi makanan yang cukup lezat untuk dikonsumsi.


KENARI
    Bersifat panas, lembab dan berlemak. Jika dimakan dengan campuran gula dapat meningkatkan kerja sel otak dan penglihatan mata kita, meningkatkan libido dan cukup lezat untuk dikonsumsi.

Ket: Foto-foto istimewa (Red)

This entry was posted on Monday, December 14, 2009 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments