HIPNOTIS 3 (Metode)  

A. METODE RELAKSASI

Relaksasi Metode I
Kosongkan pikiran semua, relaks, nikmati rasa keindahan pada seluruh hidup Anda, biarkan setiap pembuluh darah dan setiap syaraf mengendor dan melemas dan relaks, lengan dilemaskan sekarang, seperti boneka kain. Bagus…

Sekarang, kirimkan rasa nyaman ini ke seluruh tubuh Anda, mulai dari ujung kepala hingga ke ujung ibu jari kaki Anda. Biarkan setiap pembuluh darah dari syaraf mengendor, melemas dan relaks. Anda sekarang sedang merasakan lebih relaks dan santai lebih dalam lagi.

Sekarang kelopak mata terasa berat, mengantuk dan makin mengantuk. Tenang dan santai. Anda merasa lebih relaks, jangan ditahan rasa ngantuk ini, tidurlah …

Relaksasi Metode II
Tangan Anda lemaskan, terkulai seperti boneka kain. Ketika saya mengangkat tangan Anda, biarkan seluruh beban tubuh tergantung lemas pada jari-jari tangan saya. Dan ketika saya dijatuhkan, kirimkan gelombang relaks ke seluruh tubuh Anda. Seperti Anda merasakan menyentuh tubuh Anda, kirimkan gelombang relaks mulai dari ujung kepala hingga turun menjalar ke seluh tubuh Anda dan berakhir di ujung ibu jari kaki. Dan ketika Anda melakukan, Anda mendapatkan bahwa dua kaki lebh relaks dari sebelumnya. Sekarang, sekali lagi dengan tangan yang sebelahnya (ulangi dengan tangan sebelahnya).

B. Metode Tangga
Pada saat ini saya akan membuat Anda merasa jauh lebih relaks dan nyaman, sekarang saya akan mulai menghitung terbalik dari mulai hitungan 10 dan terakhir 1. Pada saat saya mengatakan “sepuluh” Anda harus mulai memejamkan mata. Pada saat itu pula, bayangkan seolah-olah mata Anda melihat diri Anda berada di puncak tangga yang paling atas. Pada saat saya mengatakan 9 dan seterusnya, Anda akan turun selangkah demi selangkah. Dari tangga tersebut dan merasa sangat relaks … hingga di akhir tangga paling bawah ada sebuah tempat tidur yang lengkap dengan bantal-bantal yang lembut dan nyaman. Ketika sudah sampai sana Anda akan tertidur nyeyak di tempat tidur tersebut dan nikmatilah tidur tersebut dengan penuh rasa santai dan nyaman yang luar biasa.

Contoh :
Angka 10 :
Mata tertutup pada puncak anak tangga. …. Sepuluh …
Angka 9 :
Relaks…, santai…, biarkan lepas. Sembilan …
Angka 8 :
Larut tenggelam dalam perasaan nyaman, tenang, posisi kedamaian
Tujuh …
Enam …
Lima … melangkah menuruni anak-anak tangga, semakin relaks.
Empat …
Tiga … tarik nafas dalam-dalam, hembuskan perlahan-lahan.
Dua … menuju hitungan selanjutnya, angka satu , menuju ke tempat tidur, tenang, … damai, makin relaks …
Satu … tidurlah ke kasur berbulu lembut, biarkan setiap pembuluh darah melemas dan setiap urat-urat syaraf mengendur dan lepas supaya Anda lebih tenang, damai ….

C. Metode Membuat Tangan Kaku
Angkat dan kakulah lengan Anda, kepalkan (tolonglah subyek mencapai posisi ini, kemudian lepas). Bagus… seperti batangan baja, kaku dan kuat. Begitu kaku dan keras dan begitu kuat, semakin Anda mencoba untuk membengkokkan, akan semakin kaku dan kencang. Cobalah untuk menurunkan dan membengkokkan lengan Anda dan lihatlah dia akan terkunci, kaku dan keras. Semakin keras Anda berusaha melakukannya maka akan semakin kaku. Baiklah … ketika saya menyentuh dahi, tangan Anda akan jatuh lemas dan Anda akan dalam keadaan tertidur lelap.

D. Metode Menjatuhkan Tangan (Induksi / Intruksi untuk Menghipnotis)
Subyek diminta untuk mengangkat sebelah lengan agar supaya berada sedikit di atas kepala dan beri sugesti. Ada beberapa aspek atas indikasi ini dimana hal tesebut memerlukan pehatian khusus. Pertama, lengan diletakkan pada posisi lepas, seperti kelelahan. Gerakan menurun dikencangkan ke bawah bagian dalam relaksasi. Kesungguhan pribadi untuk berpegangan, selebihnya diaertakan saran dengan menyatakan secara secara tidak langsung sebuah pertanyaan :”Anda tidak akan menuju daerah yang terdalam dari relaksasi hingga seluruh lengan terkulai artinya tentu saja bahwa, “Anda akan menuju kebagian tersebut ketika seluruh lengan terkulai”

E. Berbicara kepada subyek / Suyet
(Angkat lengan pasien agar supaya sedikit di atas kepala). Pandang lurus ke arah jari jemari, terutama ke jari tengah. Anda boleh terus memandangnya atau pejamkan kedua belah mata Anda dan viaualisasikan ke dalam pikiran Anda. Ketika Anda mecamkan dalam ingatan apa yang yang telah Anda pandang tadi, Anda akan perhatikan bahwa jari-jari yang lain cenderung keluar dari fokus dan lengan Anda melalui terasa berat dan semakin berat. Semakin lama Anda berkonsentrasi kearah jari-jemari tersebut lengan Anda menjadi semakin berat dan berat. Tetapi Anda tidak akan pergi kebagian yang terdalam dari relaksasi tersebut. Hingga lengan Anda terkulai kebawah.

Tetaplah berkonsentrasi pada jari jari tersebut sementara lengan Anda terasa semakin berat dan berat dan berat. (Ketika bergerak turun menjadi semakin nyata) Perhatikan bahwa ketika lengan terasa berat proses tersebut berjalan perlahan-lahan; turun perlahan-lahan, turun.... turun....makin turun lebih turun lagi, semakin turun (komentar selanjutnya : Sugesti harus dihitung dengan pergerakan tangan yang actual).

F. Teknik dua Jari
Pada saat lengan Anda diletakkan di atas kedua belah paha Anda, seperti ini (beri contoh tersebut pada pasien). Sekarang saya ingin Anda melihat ke arah tangan saya. Pada saat saya angkat tangan saya ke atas di depan mata Anda sepert ini (demonstrasikan jari telunjuk dan jari tengah dari tangan kanan pada posisi huruf "V" pada posisi tepat di atas alis mereka) Ketika saya melakukannya, tangan saya akan melintas turun di depan mata Anda. Tahan pandang mata Anda pada jari tangan saya. Ketika saya menurunkan tangan saya, biarkan kelopak mata Anda terpejam perlahhan--lahan. (Bawa tangan lurus ke bawah, satu jari bergerak turun melintas tiap mata). (Gerakkan jari-jari pada posisi huruf "V" tepat di atas alis mata agar mereka dapat memandang jari terakhir) baiklah, sekarang pusatkan pandang mata Anda pada jari-¬jari saya. Saya akan menurunkan tangan saya tepat di depan mata Anda, dan seperti saya lakukan, biarkan kelopak mata Anda terpejam perlahan-lahan. (Bawa tangan lurus ke bawah, satu jari bergerak turun melintas setiap mata).

Sekarang mata Anda tertutup. Saya ingin Anda mengendurkan setiap pembuluh darah dan urat-urat syaraf di sekitar kelopak mata Anda. Saya ingin Anda mengendurkan semuanya agar tidak berfungsi bahkan Anda menginginkannya. Sekarang, cobalah untuk melakukan pengetesan; Anda akan melihat, bahwa Anda sukses (jika mereka membuka mata, katakan untuk rileks kembali, saat ini Iebih Iengkap lagi. Jika mereka tidak membuka mata mereka, berhentilah selama tiga detik dan kemudian teruskan lagi).

Baiklah, bagus, Sekarang, berhentilah mencoba dan tetap rileks dan terlelap. Sekarang saya akan mengangkat tangan Anda. Saya akan melakukan memegang ibu jari kanan Anda dengan jari jari saya seperti ini. (Pegang ibu jari diantara ibu jari dan jari telunjuk - yakinkan pegangan Anda telah menggunakan ibu jari yang tepat. Ketika saya mengangkat tangan Anda, tolong lemaskan di dalam pegangan jari tangan saya (sebagai tambahan; sedikit dibelakang lengan dan selanjutnya) Kemudian ketika saya jatuhkan, biarkan dia jatuh seperti boneka kain yang basah. Ketika Anda menyentuh tubuh Anda, ketika dia jatuh, kirimkan gelombang atau relaksasi mulai dari ujung kepala Anda hingga turun ke seluruh tubuh sanpai ke ujung jari kaki Anda. Hal itu akan memberikan dua kali tingkatan dari rileks.

(Angkat tangan, dan keraskan) Sekarang, saya akan mengangkat tangan Anda. Ya biarkan lemas, Bagus sekarang ketika saya jatuhkan, biarkan dia jatuh lemas dengan sendirinya, seperti kain basah, dan ketika dia menyentuh tubuh Anda, kirimkan gelombang dari relaksasi mulai dari ujung kepala Anda hingga ujung jari kaki Anda (jatuhkan tangan). Bagus sekali. Sekarang kita lalukakan lagi dengan tangan sebelah kiri. Sekarang saya akan mengambil tangan kiri Anda, dan ketika saya pegang ibu jari Anda, biarkan lemas, (sebagai tambahan; sedikit belakang lengan dan selanjutnya). Bagus sekali, sekarang Anda mendapat ide. Ketika saya jatuhkan biarkan dia jatuh seperti kain basah. Ketika tangan tersebut menyentuh tubuh Anda, kirimkan gelombang relaksasi mulai dari ujung kepala Anda hingga ke ujung kaki Anda dan dua kali tingkatkan dari relaksasi Anda peroleh (jatuhkan tangan) bagus

Sekarang tubuh Anda dikendorkan dan saya akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara mengistirahatkan pikiran Anda. Dengarkan dengan hati-hati. Pada saat berikutnya ketika saya menyentuh dahi Anda, saya ingin Anda mulai menghitung mulai dari seratus (dengan cara di hitung mundur); Seratus tidur lelap. Sembilan puluh sembilan, tertidur lelap, Sembilan puluh delapan tertidur lelap dan seterusnya. Setelah menghitung beberapa kali, pada saat hitungan ke sembilan puluh tujuh atau sembilan puluh enam atau mungkin kehitungan ke sembilan puluh lima, Anda akan mendapatkan angka-angka tersebut menghilang. Anda akan mendapatkan pikiran Anda menjadi sangat rileks dan karenanya Anda tidak akan sadar.

Baiklah, siap sekarang, tiga, dua satu, (sentuh dahi pasien) Mulai menghitung (dengarkan ketika dimulai menghitung mundur. Berdasarkan kecepatan rata-rata, Anda mungkin dapat pernyataan berikutnya). Bagus, pelankan dia sekarang, (setelah setiap hitungan, katakan salah satu dari yang berikutnya) bagus. (Setelah hitungan ke sembilan puluh tujuh katakan"). Mulai rileks kan pikiran Anda. (Setelah beberapa hitungan selanjutnya, berdasarkan penampilan si pasien, katakan) biarkan pikiran Anda rileks. Setelah beberapa hitungan selanjutnya, berdasarkan penampilan si pasien, katakan) biarkan pikiran Anda rileks. (Pada hitungan yang lain) Biarkan pikiran Anda melayang sepenuhnya. Setelah pasien berhenti menghitung lanjutkan dengan) Bagus, tubuh andda rileks, pikiran Anda pun demikian, Anda telah mencapai kondiai terhipnotis sepenuhnya.

G. Metode Langsung Jadi (Instantaneous Method)
Berdiri menghadap saya, Benar, sekarang melangkah ke depan (letakkan tangan kanan ke kepala pasien, untuk mendukung tengkorak kepala. Pegang lengan kanan pasien pada sikunya dengan tangan kiri). Dekatkan kedua telapak kaki bersama-sama. Benar, Tarik napas dalam-dalam (Tarik Iengannya secara tiba-tiba dengan sentakan ringan kearah Anda). Tidur sekarang. (Jika kaki yang bersangkutan mulai menekuk) seperti seekor kuda, dapat berdiri dan tertidur tanpa kehilangan keseimbangan, kaki Anda terlalu kuat menyangga tubuh Anda, Anda dapat berdiri dan tertidur. (Sebagai ganti dari "horse description") Kaki Anda kaku dan keras menopang tubuh Anda ketika Anda berdiri tegak dan tegang / kaku.

MASIH BERSAMBUNG..... (Red)

This entry was posted on Wednesday, December 16, 2009 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments